Ini Manfaat Sampah Organik Dan Anorganik, Penting Anda Tahu -->

Ini Manfaat Sampah Organik Dan Anorganik, Penting Anda Tahu

Minggu, 26 Juni 2022, Juni 26, 2022

Disekitar lingkungan kita tentu saja kita tidak asing dengan yang Namanya sampah yang ada dilingkungan sekitar kita, yaitu sampah organic dan sampah anorganik. sampah organik merupakan sampah yang berasal dari organisme hidup, seperti sampah sisa makanan. Kemudian untuk sampah organik yaitu hasil campur tangan manusia, contohnya yaitu kemasan plastik. 

Dari kedua jenis sampah yaitu organic dan anorganik juga harus dipisahkan dengan tepat, supaya keduanya bisa dibedakan. Dalam upaya mengurangi pencemaran lingkungan, kita bisa juga memanfaatkannya supaya menjadi lebih bermanfaat, Nah Anda juga bisa melihat beberapa manfaat sampah organik dan anorganik tersebut.

Manfaat Sampah Organik Dan Anorganik

1. Dijadikan Pupuk Kompos
Ini merupakan manfaat dari sampah organic, yang bisa dijadikan sebagai pupuk kompos yang bisa menyuburkan tanaman. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui cara untuk mengelola sampah organic supaya bisa menjadi pupuk kompos.  

Dalam hal ini terdapat beberapa jenis sampah organk yang dapat diolah supaya menjadi pupuk diantaranya yaitu sayuran, buah-buahan, ataupun sisa makanan. Tidak hanya itu saja, sampah seperti daun kering, rumput, dan ranting juga dapat  dicampur sebagai bahan untuk pembuatan pupuk.

Jika mengelola pupuk kompos memang dirasa terlalu sulit, maka bisa mengolah sampah organic menjadi pupuk yang sederhana. Caranya, buat lubang di tanah untuk meletakkan sampah organik. Kemudian Anda tunggu sampai sampahnya membusuk dan mempunyai tampilan menyerupai tanah. Jika sudah seperti tanah, maka selanjutnya sampah tersebut akan berubah menjadi pupuk yang dapat langsung Anda gunakan untuk menyuburkan tanaman. 

2. Dijadikan Bahan Kerajinan
Selanjutnya adalah sampah anorganik, yang bisa Anda jadikan sebagai bahan kerajinan. Diantaranya yaitu seperti kemasan deterjen, shampoo, atau barang-barang lainnya yang dibuat dari plastik yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk bahan membuat kerajinan tangan. Anda bisa mencoba untuk mengumpulkan sampah-sampah anorganik terlebih dahulu, dan kemudian Anda susun ide dalam membuat sebuah kerajinan tangan dari sampah yang sudah tersedia.

3. Untuk digunakan Kembali (Reusable)
Untuk Sebagian besar sampah organic tentunya membutuhkan waktu yang lama supaya bisa terurai. Sehingga dalam hal ini harus ada alternatif pemanfaatan, dalam hal ini sebagai contoh yaitu botol kaca yang merupakan sebagai sampah sulit terurai. Maka dari itu Anda bisa mencoba memanfaatkannya seperti sebagai vas bunga dan berbagai pemanfaatkan lainnya.

4. Diubah Sebagai Media Tanam
Kalau tadi bisa digunakan sebagai vas bunga, kali ini Anda bisa menggunakannya sebagai media tanaman. Anda tidak perlu membeli pot untuk menanam tanaman, cukup dengan cara memanfaatkan botol plastik atau sampah plastik dengan jenis lainnya yang sekiranya bisa untuk dijadikan sebagai pot tanaman.

5. Bahan Biogas dan Listrik
Kalau ini bisa Anda memanfaatkan sampah organic, namun memang tidak dipungkiri kalau biaya untuk instalasi alat yang digunakan untuk mengkonversikan dari sampah ke energi  memerlukan biaya yang cukup mahal. Selain itu hal tersebut juga harus ditangani oleh tenaga professional terlebih dahulu.

Kita sebagai orang yang hidup dimasyarakat tentunya tetap bisa mengolah dan memanfaatkan sampah organik dan anorganik yang ada di sekitar. Anda bisa memilih manfaat yang memang bisa Anda lakukan dengan mudah, contohnya yaitu seperti mengubah sampah menjadi pupuk atau sebagai media tanam. Dengan Anda melakukan ini, maka tentunya sudah turut membantu usaha dalam mengurangi tumpukan sampah yang ada di tempat pembuangan akhir.

TerPopuler